Pekerjaan Hibrida? Inilah alasan PC Anda membutuhkan Windows 11

windows-11

(WFH) alias bekerja dari rumah sudah menjadi budaya sejak pandemi COVID-19 melanda. Namun, setahun kemudian dan memasuki fase new normal, sistem kerja hybrid yang memungkinkan karyawan bekerja secara fleksibel dari rumah, kantor, atau tempat lain mulai menjadi tren.
Selain dapat meningkatkan produktivitas, konsep ini juga dapat meningkatkan kepuasan karyawan karena dapat memilih lingkungan kerja yang lebih ideal, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Namun, pemimpin perusahaan perlu memperhatikan kebutuhan pekerjaan hybrid ini agar karyawan dapat beradaptasi dengan sukses.
Menginginkan pekerjaan yang lebih fleksibel
Hasil survei Work Trend Index 2021 berjudul “Gangguan Hebat Berikutnya Adalah Pekerjaan Hibrida — Apakah Kita Siap?” yang dilakukan oleh Microsoft Corp secara global (termasuk di Indonesia) menunjukkan bahwa pekerjaan jarak jauh telah membuat tim menjadi lebih terkotak-kotak. Di Indonesia, 40 persen pekerja mengalami penurunan interaksi dengan rekan kerjanya. Sebanyak 61 persen pekerja juga merasa terlalu banyak bekerja.
Namun, sebanyak 83 persen karyawan di Indonesia menginginkan opsi kerja jarak jauh yang fleksibel tetap ada. Menurut laporan itu, para pekerja ingin dapat mengontrol di mana, kapan, dan bagaimana mereka bekerja.
Sebanyak 72 persen pemimpin bisnis Indonesia sedang mempertimbangkan untuk mendekorasi ulang ruang kantor mereka. Hal ini dilakukan agar mereka dapat mengakomodasi lingkungan kerja hybrid yang lebih nyaman bagi karyawannya.
Microsoft sendiri telah mengidentifikasi beberapa strategi bagi para pemimpin bisnis untuk mendukung karyawan agar dapat terus berkembang di tengah model kerja hybrid ini, yaitu perencanaan untuk memberdayakan orang dengan fleksibilitas tinggi, mengatasi kelelahan digital, menata ulang ruang dan teknologi untuk menjembatani fisik dan dunia digital, dan membangun kembali aspek sosial dan budaya.
Salah satu strategi yang dihadirkan Microsoft adalah melalui Windows 11. Ya, Microsoft resmi meluncurkan sistem operasi terbaru Windows 11 secara global pada Selasa, 5 Oktober 2021. Rilis ini menjadi sejarah bagi Microsoft karena melakukan perombakan besar-besaran pertama terhadap sistem operasi Windows miliknya. sejak 2015 di mana Windows 10 rilis.
Dikutip dari laman Microsoft, kehadiran Windows 11 bisa mendukung era hybrid — bekerja, belajar, dan bermain bisa dilakukan dari rumah. Era ini mengubah cara orang terhubung, dan menempatkan komputer pribadi di pusat aktivitas sehari-hari.
Dikembangkan sebagai sistem operasi yang mendukung produktivitas, menginspirasi kreativitas, dan menjaga keamanan pengguna, Windows 11 memenuhi setiap kebutuhan penggunanya. Jadi jika saat ini Anda bekerja dengan konsep hybrid, berikut beberapa alasan mengapa Anda membutuhkan PC dengan sistem operasi Windows 11.
1. Kolaborasi dan Menemukan Ide Lebih Cepat
Pekerjaan Hibrida? Inilah Mengapa PC Anda Membutuhkan Windows 11 (1)
cariPerbesar
Ilustrasi wanita karir. Foto: Shutterstock.
Bekerja secara hybrid menuntut pekerja untuk dapat berkomunikasi dan berkolaborasi di mana saja. Microsoft ingin memaksimalkan konsep kerja hybrid ini dengan mengintegrasikan platform kolaborasi Microsoft Teams langsung ke Windows 11, baik untuk pengguna konsumen maupun komersial.
Teams yang terintegrasi ini akan memudahkan pengguna Windows 11 untuk mengobrol, berbagi file, mengedit dokumen, melakukan panggilan video, dan melakukan berbagai bentuk kerja kolaboratif lainnya dengan rekan kerja.
Tidak hanya itu, untuk membantu pekerja mendapatkan ide lebih cepat, Microsoft juga melakukan perbaikan pada fitur widget yang dipersonalisasi. Selain tampilan yang lebih bersih dengan animasi yang halus, pengguna dapat menyesuaikan widget sesuai dengan kebutuhannya, baik untuk melihat cuaca, membaca berita, hingga memantau harga saham.
Soal keamanan, tidak perlu khawatir. Windows 11 dirancang dengan teknologi keamanan bawaan yang akan meningkatkan perlindungan prosesor ke cloud. Fitur keamanan utama seperti enkripsi dan perlindungan terhadap malware diaktifkan secara default, sehingga mendukung keamanan pengguna.
Pekerjaan Hibrida? Inilah Mengapa PC Anda Membutuhkan Windows 11 (2)
cariPerbesar
Tampilan sistem operasi Windows 11. Foto: Microsoft
Kehadiran Windows 11 bisa menjadi angin segar bagi para pebisnis, pekerja, termasuk para pelaku kreatif. Menariknya, Raditya Dika, Faza Meonk, dan Dinda Puspitasari, telah mengalami sendiri bagaimana fitur Windows 11 dapat memperkaya proses kerja hybrid mereka. Penasaran? Untuk cerita lengkapnya cek link ini.
2. Eksekusi dan Pengorganisasian Pekerjaan Lebih Mudah
Pekerjaan Hibrida? Inilah Mengapa PC Anda Membutuhkan Windows 11 (3)
cariPerbesar
Ilustrasi wanita karir. Foto: Shutterstock.
Melakukan hal-hal penting terlebih dahulu akan sangat membantu Anda mengatur pekerjaan dengan lebih baik. Banyak orang tidak memperhatikan hal ini dan hanya melakukan semua pekerjaan yang ada. Akibatnya, ba

Sumber :