Definisi transpor pasif
Baca cepat Buka

Transpor pasif adalah cara mentransfer ion, partikel, dan larutan yang tidak memerlukan energi untuk melintasi membran plasma. Transpor pasif dapat terjadi ketika rasio konsentrasi antara 2 elemen diperoleh.
Jenis transpor pasif

Transportasi-pasif-definisi-jenis-konsep-perbedaan

Di bawah ini adalah 3 jenis transpor pasif, sebagai berikut:

1. Difusi

Difusi adalah pergerakan atau pergerakan suatu unsur dalam campuran dari tingkat yang sangat terpusat ke tingkat yang terpusat rendah. Rasio sentralisasi kedua campuran disebut gradien sentralisasi. Difusi berlanjut sampai semua molekul tersebar luas atau mencapai keadaan paralel di mana ada transfer partikel yang teratur, meskipun tidak ada rasio terpusat.

difusi

Contoh difusi

Contoh difusi adalah menambahkan gula ke larutan teh ringan yang secara bertahap berubah menjadi manis; Uap air dari ketel menyebar ke udara. Difusi yang paling sering terjadi adalah difusi molekular, difusi ini terjadi bila ada transisi dari susunan diam partikel yang terbuat dari zat padat atau mengalir.

2. Osmosis

Osmosis adalah peristiwa utama transpor pasif, di mana partikel air berdifusi melalui membran selektif permeabel. Dalam struktur osmosis dikenal senyawa hipertonik yaitu senyawa dengan sentralisasi campuran tinggi, senyawa hipotonik adalah senyawa dengan sentralisasi campuran rendah, dan senyawa isotonik adalah dua senyawa dengan sentralisasi campuran yang sama. Ketika diperoleh dua senyawa dengan pemusatan yang tidak sama, partikel air akan melewati membran sampai kedua senyawa sebanding.
Baca lebih lanjut: Indeks buku

osmosa

Pada struktur osmotik senyawa hipertonik, sebagian besar partikel air terikat pada partikel gula terlarut, sehingga hanya sedikit partikel air yang bebas dan dapat melewati membran. Senyawa hipotonik, di sisi lain, memiliki lebih banyak partikel air bebas, sehingga lebih banyak partikel air yang melewati membran. Oleh karena itu, dalam osmosis, sirkulasi bersih partikel air adalah dari partikel hipotonik ke hipertonik.

Contoh osmosis

Contoh peristiwa osmotik adalah air majemuk yang, meskipun mengandung berbagai jenis unsur senyawa, partikel air secara konsisten beralih ke senyawa gula pada konsentrasi yang lebih tinggi.
3. Difusi terfasilitasi

Difusi terfasilitasi adalah transpor difusi pasif yang membutuhkan bantuan protein seperti enzim. Contoh transpor pasif melalui difusi terbantu dapat ditemukan pada mikroba E. coli. Ketika beralih ke standar yang menyimpan laktosa, metabolisme mikroba berkurang. Salah satu akibatnya adalah membran organ tidak dapat dilewati oleh laktosa. Namun setelah beberapa menit, laktosa dapat menembus organ karena adanya enzim permease.

Difusi yang terfasilitasi

Enzim permease adalah protein membran organ yang membuka jalan bagi laktosa untuk melewati dua susunan fosfolipid membran organ. Difusi, yang terkait dengan proses transportasi dari membran organ seperti permease, disebut difusi terbantu.
Konsep mekanisme transportasi (transportasi pasif)

Berikut ini adalah konsep mekanisme transpor pasif, yaitu:

Slide1
Perbedaan transpor aktif dan pasif

Tubuh manusia adalah jaringan sel dan molekul yang rumit, dan interaksi antara sel-sel ini dan berbagai fragmennya bisa sangat menarik. Transpor aktif adalah proses yang cepat dan searah, sedangkan transpor pasif adalah proses yang lebih lambat dan dua arah. Transpor aktif tidak hanya membutuhkan energi dalam bentuk ATP, tetapi juga enzim untuk memindahkan molekul dan ion dari tempat konsentrasi rendah ke tempat konsentrasi tinggi. Perbedaan antara transpor pasif dan transpor aktif Transpor aktif dan pasif adalah istilah yang digunakan pada tumbuhan dan hewan serta dalam tubuh manusia. Perbedaan utama antara transpor aktif dan pasif adalah konsumsi energi. Transpor aktif adalah pergerakan ion dan molekul melawan gradien konsentrasi menggunakan energi untuk masuk dan keluar sel melalui membran sel.
Baca lebih lanjut: Kriptografi adalah

Lalu lintas aktif mengkonsumsi energi, lalu lintas pasif tidak. Ada berbagai jenis sistem transportasi yang memudahkan untuk memindahkan zat dari satu tempat ke tempat lain. Kedua transpor pada dasarnya adalah bentuk pergerakan molekul melintasi membran sel. Dalam penyelesaiannya, w harus ditekankan

Lihat Juga :

https://www.jpnn.com/news/mengenal-winning-eleven-gim-olahraga-paling-populer
https://www.wartaekonomi.co.id/read349487/bosan-main-game-itu-itu-aja-cobain-nih-mini-militia-god-mod-apk-unlimited-nitro-dan-ammo-2021
https://www.beritasatu.com/nasional/123845/ini-contoh-teks-prosedural-protokol-sederhana-kompleks
https://www.suara.com/bisnis/2021/07/08/092216/pentingnya-mengenal-dan-mempelajari-jenis-teks-prosedur
https://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/kabar/read/161461/keunggulan-dan-kurangnya-wa-web-sebagai-fitur-whatsapp
https://ayobandung.com/read/2021/07/08/250265/tahapan-mudah-penggunaan-wa-web
https://www.solopos.com/pengertian-teks-eksplanasi-adalah-ciri-struktur-kaidah-contoh-1137977
https://www.gamegim.com/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/