Memahami perbedaan kata kerja transitif vs intransitif dalam kalimat dan contoh bahasa Inggris

transitive-intransitive

Verb adalah bentuk part of speech dalam bahasa Inggris, selain kata benda (nouns), kata ganti (pronouns), kata sifat (adjectives), dan sebagainya. Kata kerja adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menjelaskan apa yang subjek di depannya lakukan atau lakukan dalam kalimat. Pada materi kali ini admin akan membahas sendiri bagian dari verb (kata kerja) dalam bahasa inggris, simak ya teman-teman KBI

Definisi, jenis, perbedaan antara kata kerja transitif dan intransitif dalam kalimat dan contoh bahasa Inggris

Kata kerja transitif dan intransitif merupakan bagian dari kata kerja atau verba dalam bahasa Inggris. Mungkin teman KBI pernah belajar tentang verba transitif dan intransitif dalam bahasa Indonesia di sekolah dasar. Sama seperti dalam bahasa Inggris, kata kerja transitif dan intransitif memperlakukan materi yang sama. Untuk mengingat penjelasannya, simak ulasan berikut ini

Apa itu transitif?

Transitif adalah bagian dari kata kerja atau verb dalam bahasa Inggris, transitif adalah kata kerja yang membutuhkan objek karena jika Anda tidak menggunakan objek kata kerjanya ambigu. Contohnya seperti verb to buy, kita harus memberikan objek untuk membeli sesuatu, begitu juga dengan hit, objeknya harus jelas tentang apa yang kita pukul.

Contoh kalimat transitif dalam bahasa Inggris

  • Saya sedang menulis surat untuk saudara perempuan saya di Jepang
  • Adikku memukul kucingnya karena dia masih marah
  • Kami meminta guru kami untuk menjelaskan topik ini lagi
  • Saya melihat seseorang menjual jam tangan mereka karena mereka membutuhkan uang
  • Ibuku memintaku untuk membersihkan kamar ini

Apa itu intransitif?

Intransitif adalah jenis verb atau verba dalam bahasa Inggris, jika verba transitif adalah verba yang membutuhkan objek maka berbeda dengan verba intransitif, verba intransitif merupakan bentuk verba yang tidak memerlukan objek, mengapa? karena tanpa objek sudah jelas apa yang dimaksud.

Contoh kata kerja intransitif dalam kalimat bahasa Inggris

  • Saya akan datang ke pesta Anda ketika Anda memanggil saya
  • Ayahku akan pergi ke Bali tahun ini
  • Silakan duduk di rumput sekarang! (Silakan duduk di rumput sekarang)
  • Adikku berbohong padaku tentang uang yang dia ambil
  • Ellya bekerja di kantor ini dari pagi hingga sore

Bagaimana sobat KBI, apakah kalian bisa membedakan antara verba transitif dan verba intransitif? Ingat ya, transitif adalah kata kerja yang membutuhkan objek sedangkan intransitif adalah kata kerja yang tidak membutuhkan objek, pikiran!

Sumber :