SEO atau Search Engine Optimization sekarang ini menjadi ilmu yang sangat penting dan wajib dipelajari. Bagaimana tidak? Dengan ilmu ini memiliki banyak manfaat baik untuk bisnis atau menghasilkan pundi-pundi rupiah dari website. Maka tak heran banyak sekali yang ingin belajar SEO ini.

tips-seo-bagi-pemula

Belajar ilmu SEO memang tidak mudah. Namun yang terpenting sebelum mempelajari lebih jauh lagi Anda wajib tahu ilmu dasarnya terlebih dahulu. Mau tahu cara termudah agar bisa segera memahami teknik SEO? Yuk ikuti tips berikut:

  1. Memahami Dasar-dasar SEO dengan Baik

Pertama yang harus Anda lakukan harus paham terlebih dahulu dasar-dasar SEO. Apa saja dasar-dasar SEO tersebut cek di bawah ini:

Konsep Dasar SEO

Ketika seseorang mengetikkan sebuah kata kunci tentu mengharapkan menemukan jawaban yang sesuai dengan apa yang dia cari. Nah, dari sini ilmu SEO wajib ada dan dijadikan konsep dalam memberikan kepuasan pengunjung. Konsep apa saja yang dimaksud? Berikut konsep-konsep dasar SEO:

  • Kecepatan penyajian konten. Website yang cepat akan memudahkan dalam pengindeksan data dan juga sangat disenangi pengunjung karena tidak harus menunggu lama dalam mendapatkan informasi.
  • Konten yang dibuat. Konten yang bagus adalah yang enak dibaca dan tentunya sesuai dengan kata kunci yang dicari. Sehingga pengunjung akan betah berlama-lama di website Anda karena sudah menemukan apa yang ia cari.
  • Struktur dan Navigasi. Struktur dan Navigasi ini harus jelas karena Crawling Google ke Website Anda jadi lebih mudah.
  • Kepuasan User. Kepuasan bisa menjadi tolak ukur apakah website Anda berkualitas atau tidak. Untuk itu hal ini penting untuk ada perhatikan.
  • Semakin populer website maka semakin sering dikunjungi dan sangat mudah dikenali oleh Google.

SEO On-Page

Belajar SEO terutama bagi Anda yang masih dalam tahapan awal sangat perlu sekali paham SEO On-Page. SEO On-Page ini meliputi beberapa hal yaitu:

  • Dalam SEO On-Page pertama yang harus diperhatikan adalah terkait dengan server atau hosting. Server dan hosting yang bagus sangat berpengaruh terhadap kebutuhan loading pembaca. Semakin cepat loading dalam membuka atau pengelolaan website maka semakin bagus.
  • Platform CMS. Untuk pemula disarankan untuk menggunakan CMS WordPress. Hal ini dikarenakan platform ini paling mudah untuk belajar SEO dan mudah dalam hal pengoptimalannya.
  • Konten masih dikategorikan sebagai dasar dari SEO. Semakin bagus kualitas konten yang Anda buat maka akan mendukung SEO website Anda. Untuk itu Anda perlu juga mempelajari cara membuat konten yang bagus.

SEO Off-Page

Selain SEO On-Page ada lagi yang harus Anda pelajari yaitu tentang SEO Off-Page. Optimasi pada SEO Off-Page ini dilakukan dari luar website. Yang termasuk dalam SEO Off-Page diantaranya:

  • Link Building. Cara yang digunakan dengan membuat link eksternal dari website lain untuk diarahkan ke website Anda. Istilah link building ini disebut juga Backlink.
  • Social Signal. Optimasi website dengan cara share ke sosial media. Hal ini tentunya untuk mendatangkan pengunjung dan merupakan cara termudah.
  • Sebagaimana Anda ketahui bahwa dalam dasar SEO ada yang namanya kepopularitasan. Salah satu yang bisa menunjang itu semua dengan cara Branding yang bagus. Kenalkan profil diri dan website Anda.

 

Riset Keyword

https://www.pexels.com/photo/person-typing-on-laptop-1174775/

Riset keyword masih bagian dari dasar SEO yang harus Anda pahami. Riset keyword adalah mencari kata kunci yang nantinya akan dibuat sebuah konten. Keyword ada yang kompetensi pencariannya tinggi dan rendah. Yang tinggi akan salah sulit dikalahkan sedangkan yang rendah masih bisa ditaklukkan.

Untuk tools yang bisa Anda untuk belajar SEO pemula dengan ubersuggest. Disana sudah lengkap disertai tingkat kesulitan keyword tersebut dan website siapa saja yang berada pada peringkat pertama dengan keyword yang Anda cari.

  1. Pahami Peraturan Belajar SEO

Bagi Anda yang masih awal sekali belajar SEO harus tahu peraturan dalam belajar SEO. Belajar SEO itu 80% praktek dan 20% belajar. Jadi Anda bisa sambil belajar dan praktik tidak perlu mengumpulkan buku-buku kemudian pelajari semuanya baru belajar.

Jika Anda hanya sibuk belajar dalam buku maka akan sangat kesulitan memahaminya. Dalam SEO juga setiap orang berbeda-beda tekniknya. Dengan Anda praktik nanti ditengah jalan akan menemukan cara terbaik dan ternyaman metode SEO yang akan diterapkan pada website Anda.

Jasa SEO Terbaik

Mungkin di awal Anda masih mengikuti panduan. Tapi lama kelamaan karena seringnya praktek jadi akan tahu langkah mana dulu yang harus dilakukan agar lebih efektif dan efisien menerapkan ilmu SEO ini.

  1. Belajar SEO Langsung Pada Ahlinya

Sebagai orang yang masih awam sekali tentang dunia SEO jauh lebih bagus jika Anda belajar langsung dengan ahlinya. Dengan belajar pada ahli akan lebih mudah dalam pemahaman. Anda akan langsung mendapatkan bimbingan dan ketika ada sesuatu yang belum dimengerti bisa langsung mengajukan pertanyaan.

Anda juga akan mendapatkan jawaban sekaligus langsung bisa mempraktekkannya. Namun untuk bisa mendatangkan guru atau ikuti kursus biaya yang harus Anda investasikan memang tidak murah.

Namun sebenarnya harga yang mahal tersebut akan dibayar lunas ketika Anda mampu menguasai teknik SEO dengan baik dan menerapkan sendiri untuk bisnis. Apapun bisnis Anda baik itu penjualan produk, jasa atau adsense dengan SEO semuanya bisa lebih efektif dan efisien.

  1. Evaluasi Proses Belajar SEO

 

Belajar SEO tidak perlu dipusatkan pada satu teknik saja. Anda bisa sedikit-sedikit kuasai dasar-dasar SEO seperti yang sudah disampaikan diatas. Teknik yang paling lama biasanya teknik Off-Page pada bagian pembuatan link Building.

Jasa SEO Terpercaya

Teknik ini bisa dipelajari sambil berjalan. Kemudian Anda mulai pahami teknik lainnya agar ilmu yang Anda kuasai tidak habis pada satu teknik SEO saja. Anda harus bisa memahami kira-kira yang belum Anda kuasai pada ilmu yang mana.

Jika sudah tahu maka segera coba pelajari yang belum dikuasai. Bisa dibilang jika diibaratkan teknik SEO itu ada 1-5. Untuk  masing-masing angka peningkatannya harus sebanding misalnya jika angka 1 menguasai 20% lalu yang lainnya 20%.

Jika sudah sama semua kemudian lakukan peningkatan bisa menambah masing-masing teknik 20%. Demikian juga untuk peningkatan seterusnya.

  1. Fokus pada Teknik SEO yang Paling Nyaman

Setelah Anda mempelajari semua teknik SEO dengan baik. Baru sekarang bisa mengetahui dari sekian teknik tersebut mana yang paling mudah menurut Anda untuk diaplikasikan. Jika sudah ketemu yang menurut Anda paling cocok maka fokuskan pada satu teknik SEO tersebut.

Memang akan lebih bagus jika Anda expert pada semua teknik SEO. Tapi waktu  yang Anda butuhkan akan jauh lebih lama lagi. Akan lebih mudah dalam mengembangkan teknik SEO yang sudah nyaman dengan Anda.

  1. Harus Tekun Belajar dan Praktik SEO

Dalam hal apapun ketekunan sangat diperlukan terutama bagi Anda yang masih awal dalam belajar SEO. Untuk menguasai SEO dengan cepat harus tekun dalam melakukan praktik meskipun dari sedikit.

Jika praktek saja tidak bisa konsisten dan dilakukan dengan tekun maka waktu yang dibutuhkan untuk menguasai SEO akan lama. Nanti Anda sendiri yang rugi apalagi jika sudah mendatangkan guru.

Untuk itu belajar ilmu SEO harus rajin tidak boleh malas. Selama rasa malas masih ada di dalam diri Anda, hasil dari belajar SEO hanya akan buang waktu berharga Anda saja.

Itulah tips awal untuk belajar SEO. Belajar teknik SEO memang butuh kesabaran dan ketekunan. Dan yang paling penting adalah konsistens untuk praktiknya. Selama ada kemauan pasti tidak ada kata sulit dalam memahami ilmu SEO ini.