Pahami teks penjelasannya
Acara Baca Cepat

Teks eksplanasi adalah bacaan atau paragraf yang memuat informasi tentang bagaimana suatu peristiwa atau peristiwa terjadi dan mengapa hal itu terjadi secara alamiah dan sosial di lingkungan kita yang bersifat kausal dan proses.

Teks-penjelasan-adalah-definisi-contoh-karakteristik-tipe

Teks eksplanasi memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan teks lain, yaitu peristiwa yang memiliki sebab dan akibat.

Misalnya, rumah tiba-tiba ambruk. Selain robohnya rumah, pasti ada faktor-faktor yang dapat mengakibatkan runtuhnya rumah tersebut, seperti: B. Kekurangan material yang tidak diperbaiki pada proses pembuatan, pelapukan kayu atau alasan lainnya.

Saat suatu peristiwa terjadi, kita tidak hanya merasakannya, tetapi dapat belajar dari apa yang telah terjadi agar lebih waspada dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Fitur teks penjelasan

Berikut adalah fitur teks penjelasan:

Hal yang dibicarakan adalah fenomena yang bersifat ilmiah atau berkaitan dengan sains.
Informasi yang terkandung berdasarkan fakta (faktual).
Ini informatif dan tidak mencoba meyakinkan pembaca untuk mempercayai apa yang sedang didiskusikan.
Fokus pada peserta umum (generik), non-manusia. Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan dan lain-lain.
Gunakan kata-kata penanda urutan.

Lihat juga: Kerajaan Ternate
Jenis teks penjelasan

Jenis teks penjelasan berikut adalah:

Penjelasan berurutan

Penjelasan berurutan adalah jenis penjelasan yang menggambarkan detail tahapan suatu fenomena. Misalnya urutan siklus hidup yang berupa rantai makanan.
Deklarasi fakultas

Deklarasi faktorial adalah jenis deklarasi yang mendeskripsikan efek dan hasil dari suatu proses. Misalnya dalam kaitannya dengan pengaruh kolonialisme.

Penjelasan teoritis

Penjelasan teoretis adalah jenis penjelasan yang memuat kemungkinan spekulasi yang mungkin muncul di balik fenomena alam. Letusan Gunung Merapi misalnya, bisa memicu bencana alam dahsyat lainnya.
Penjelasan kausal

Penjelasan kausal adalah jenis penjelasan yang secara bertahap menjelaskan asal usul atau penyebab perubahan suatu masalah. Misalnya proses longsor.

Tujuan dari teks penjelasan

Tujuan teks eksplanasi adalah memberikan informasi yang lebih detail kepada pembaca sehingga dapat memahami fenomena yang sedang terjadi.
Struktur teks penjelasan

Teks eksplanasi memiliki tiga struktur, yaitu:

Pernyataan umum

Berisi pernyataan umum tentang / sehubungan dengan topik, yang dijelaskan dalam proses terjadinya / proses keberadaan.
Urutan sebab dan akibat

Berisi penjelasan rinci tentang proses terjadinya, disajikan secara berurutan atau langkah demi langkah dari awal hingga akhir.
penafsiran

Berisi tentang atau tentang kesimpulan dari topik yang dijelaskan.

Keuntungan dari teks penjelasan

Kelebihan teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

Memberi wawasan tentang sesuatu yang ilmiah
Dapat menciptakan generasi muda yang cerdas secara intelektual
Menambah wawasan tentang proses suatu fenomena / peristiwa

Contoh teks penjelasan
Contoh teks penjelasan tentang longsor

Pernyataan umum:

Tanah longsor adalah peristiwa geologi yang terjadi akibat pergerakan batuan atau massa tanah dari berbagai jenis dan tipe, mis. B. oleh runtuhnya gumpalan besar tanah atau batu yang jatuh. Tanah longsor biasanya terjadi karena dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pencetus.
Lihat juga: Artikelnya adalah

Faktor pendorong merupakan faktor yang mempengaruhi kondisi material, sedangkan faktor pencetus adalah faktor penyebab material bergerak. Meskipun ada banyak faktor yang menyebabkan longsor, yang utama adalah “gaya berat yang mempengaruhi lereng yang curam”.

Urutan sebab dan akibat:

Tanah longsor sering terjadi di negara kita, terutama disebabkan oleh gempa bumi dan hujan lebat. Gempa bumi menyebabkan lempeng bawah tanah bergerak, menyebabkannya bergeser.

Proses longsor yang pertama adalah penyerapan air hujan ke dalam tanah sehingga berdampak pada beban tanah berada pada batas maksimum untuk resapan air.

Kemudian tekstur tanah berubah, ketika air mencapai bagian tanah yang kedap air, tanah menjadi licin sehingga terjadi pergerakan tanah yang sangat cepat.

Permukaan tanah pada akhirnya akan terkena pelapukan, begitu pula dengan struktur lapisan tanah yang memanjang hingga ke dasar tanah di bawahnya. Selasa

 

 

 

LIHAT JUGA:

 

https://konveksipekanbaru.co.id/
https://cialis.id/
https://forbeslux.co.id/
https://furnituremebeljepara.co.id/
https://ppidkabbekasi.id/
https://obatpenyakitherpes.id/
https://obatsipilisampuh.id/
https://obatwasirambeien.id/
https://obatkuatpria.id/
https://obatpenggemukbadan.id/