Kiat dan trik untuk lulus pertanyaan pemahaman bacaan di TOEFL

soal-reading-comprehension

Membaca pemahaman adalah jenis soal TOEFL yang paling ditakuti dan menjadi momok bagi kebanyakan orang yang mengikuti tes TOEFL. Mengapa? Karena masalah membaca membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. Bagian Reading Comprehension bertujuan untuk menguji kemampuan kita dalam memahami, menafsirkan, dan menganalisis teks bacaan tentang berbagai topik. Materi yang disampaikan dalam tes membaca juga memiliki pola dan standar tertentu. Di bawah ini kami akan membahas tentang tips dan trik mengerjakan soal reading comprehension di TOEFL.

Cara mendapatkan ‘pemahaman membaca’ yang tepat pada tes TOEFL

Materi yang diujikan untuk pemahaman bacaan sangat beragam, terkadang kita diminta untuk mengetahui subjek bacaan, menentukan gagasan utama, mengetahui arti kosakata tertentu, mengetahui informasi tertentu, menarik kesimpulan, mengidentifikasi pengecualian dan referensi kata ganti tertentu untuk tahu . Cukup membingungkan bukan? Namun, hal ini tidak akan menjadi masalah jika kita sudah mengetahui trik dan tips cara melakukannya dengan baik. Mau tahu caranya? Simak ulasan berikut.
Tips dan trik mengerjakan soal “membaca pemahaman” di TOEFL

1. Teks bacaan tidak harus dibaca semua

Teks bacaan untuk soal bacaan TOEFL tidak harus dibaca secara utuh, kenapa? karena itu hanya akan membuang-buang waktu. Semakin panjang teks bacaan, semakin banyak waktu yang kita perlukan untuk membacanya, bukan untuk memahaminya. Ini hanya buang-buang waktu jadi lebih baik membaca pertanyaannya terlebih dahulu.

2. Baca pertanyaannya terlebih dahulu

Poin kedua ini berkaitan dengan poin pertama karena jika kita tidak membaca soal terlebih dahulu dan membaca teks sebagai gantinya, waktu kita untuk membaca teks akan habis. Jadi ada baiknya jika kita membaca pertanyaan terlebih dahulu dan kemudian mencari jawabannya di teks.

3. Jangan terpaku pada kata/frasa yang tidak dikenal

Terkadang kita hanya menghabiskan waktu kita untuk melakukan hal-hal yang tidak penting, seperti mencoba memahami kata-kata yang sebenarnya kita sendiri tidak tahu. itu gratis, tentu saja. Mengapa? karena waktu kita hanya terbuang sia-sia. Jadi jika Anda menemukan kata yang sulit dan tidak memahaminya, lebih baik tinggalkan dulu atau hubungkan dengan kalimat sebelumnya yang Anda pahami, mis. Anda tidak tahu kata makan, jadi Anda bisa menebaknya dari kata sebelum dan sesudahnya.

4. Identifikasi kata benda dan kata kerja

Cobalah untuk mengidentifikasi kata benda atau kata kerja yang penting dalam sebuah teks bacaan. Ini juga bisa menghemat waktu karena kita langsung fokus pada kata yang dimaksud.

5. Baca sekilas dan perhatikan kalimat pertama di setiap paragraf

Mengapa klausa utama dalam paragraf? Karena gagasan utama biasanya ada di awal kalimat, poin yang ditanyakan biasanya ada di kalimat pertama setiap paragraf.

6. Baca teks dengan seksama

Bacalah teks tersebut dengan seksama saat membacanya agar teman-teman KBI tidak perlu membacanya lagi. Tandai poin utama, nama, definisi, kesimpulan, tempat dan nomor.

7. Jawab pertanyaannya, tapi jangan lama-lama

Jawab pertanyaan yang diajukan, tetapi jangan terpaku pada satu pertanyaan. Jika ada soal yang sulit, teman KBI bisa melewatinya terlebih dahulu. Hal ini dapat menghemat waktu bagi teman-teman KBI.

8. Masukkan semua jawaban

Masukkan semua jawaban, tanpa spasi, mengapa? karena jawaban yang salah tidak mengurangi nilai TOEFL kita. Pilih jawaban yang konsisten untuk jawaban yang Anda tidak bisa, misalnya B atau C.

Bagaimana sobat KBI, apakah triknya cukup mudah dipahami dan digunakan? Semoga teman-teman KBI semakin dipermudah dalam menjawab soal-soal TOEFL. Terus berlatih

Sumber :