Tiga Smartphone yang Direkomendasikan Saat Belajar di Rumah

smartphone-direkomendasikan

Pembelajaran online yang berlangsung dari pagi membutuhkan smartphone yang mampu bertahan selama 6 hingga 7 jam. Selain itu, banyaknya aplikasi yang terkadang harus dibuka membuat smartphone harus memiliki performa yang baik.

Smartphone JUGA harus bisa menangani multitasking, membolak-balik aplikasi, WhatsApp, Google Forms, Quiziz, sesekali Zoom, dan terkadang YouTube jika siswa atau orang tua membutuhkan tutorial tertentu dalam menyelesaikan tugas.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tiga smartphone Samsung layak direkomendasikan kepada mahasiswa. Tidak hanya harganya yang relatif terjangkau, proses Distance Learning pun dijamin lebih nyaman.

Tiga smartphone yang memiliki performa jempolan dengan harga terjangkau adalah:

Samsung Galaxy A01 Inti

Smartphone ini bisa dikatakan cukup terjangkau karena harganya yang tidak sampai sejuta. Ada yang RAM 1GB dan ROM 16GB, ada juga varian RAM 2GB dan ROM 32GB. Dilengkapi dengan Layar Infinity HD+ PLS 5,3 inci, A01 Core dilengkapi dengan prosesor MediaTek MT6739 Quadcore 1.5Ghz dan GPU Imagination GE8320 untuk kelancaran aktivitas multitasking dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Kamera 5MP di bagian depan dilengkapi dengan aperture F/2.2. Ini dapat mengambil selfie yang lebih baik atau membuat wajah terlihat jelas saat Zoom. Begitu juga dengan Google Meet, yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan video dengan 30 pengguna lain per pertemuan. Kamera dengan resolusi 5MP sudah cukup untuk membuat wajah asli di Google Meet.

Di bagian belakang juga terdapat kamera beresolusi 8MP dengan bukaan F/2.4 sehingga Anda dapat mengambil foto kerajinan yang detail. Dengan baterai 3000 mAh yang mampu bertahan lebih dari 16 jam, Galaxy A01 Core bisa menjadi andalan bagi siswa sekolah online.

Untuk percakapan kecil antara guru dan siswa menggunakan aplikasi WhatsApp, termasuk untuk absensi atau mengingatkan tugas, Galaxy dengan prosesor MT6739 ini jelas sangat mumpuni.

Orang tua yang membutuhkan video tutorial tentang penyelesaian suatu mata pelajaran untuk anaknya juga bisa langsung mendownload materinya melalui fitur download yang ada. Jadi, ketika ingin mengulang video, orang tua tidak akan menghabiskan kuota internet lagi untuk streaming di layar kualitas PLS HD+ 5,3 inci di Galaxy A01 Core.

Penyimpanan file tugas atau belajar juga dapat dilakukan dengan jelas pada Galaxy A01 Core yang dilengkapi dengan slot kartu memori eksternal yang mampu menampung file hingga 512GB.

Samsung Galaxy A01

Sebelum A01 Core, ada A01 dulu. Dilengkapi dengan CPU Snapdragon 439 Octa-core dan GPU Adreno 505, membuat aktivitas sekolah online semakin nyaman. Termasuk kemudahan membuka banyak aplikasi yang dibutuhkan mahasiswa. Tentunya ditambah RAM 2GB dan ROM 16GB. Belum lagi baterai dengan kapasitas 3000 mAh mampu bertahan hingga seharian penggunaan online.

Kamera depan 5MP dapat digunakan untuk mengambil video selfie sambil mengerjakan tugas yang perlu direkam. Sementara ada dua kamera belakang dengan resolusi 13MP dan 2MP yang bisa diandalkan untuk zoom sekelas. Bagi yang memiliki budget terbatas, Samsung Galaxy A01 menjadi pilihan terbaik saat pembelajaran jarak jauh online.

Samsung Galaxy A11

A11 bisa dibilang merupakan smartphone dengan performa yang lebih tinggi dari kedua ‘saudaranya’ di atas. Meski begitu, harga resminya masih relatif masuk akal. Di situs resmi Samsung, dibanderol dengan harga Rp 1,8 juta untuk RAM 3GB dan ROM 32GB. Namun di e-commerce lain, rata-rata menjual di bawah harga tersebut.

RAM 3GB tentu saja membuat kinerja smartphone menjadi performa tinggi. Membuka banyak aplikasi tidak lagi menjadi masalah tidak peduli seberapa banyak. Baterai yang dibekali dengan kapasitas hingga 4000 mAh, plus teknologi Fast Charging 15W JUGA bisa menjadi solusi saat Anda lupa mengisi daya smartphone di malam hari. Teknologi pengisian cepat memungkinkan Anda untuk mengisi daya dengan cepat sehingga Anda tidak melewatkan absen pagi.

Smartphone ini juga dibekali dengan layar berukuran besar, yakni 6,4 inci HD+ PLS Infinity Display. Di bagian depan terdapat kamera 8MP dengan bukaan F/2.0. Menariknya, ada 3 kamera di bodi belakang. Pertama, kamera utama 13MP F/1.8. Kedua, untuk foto wide-angle dengan resolusi 5MP F/2.2. Ketiga untuk foto bokeh dengan resolusi 2MP F/2.4.

Dapur pacunya ditenagai Snapdragon 450 dengan bantuan GPU Adreno 505 untuk performa yang baik saat ‘dibawa ke sekolah’. Untuk penggunaan aplikasi Google Classroom yang membutuhkan perangkat dengan kapasitas penyimpanan yang besar agar proses download file belajar dapat berlangsung dengan lancar dan dapat disimpan di smartphone, Samsung Galaxy A11 dapat diandalkan. A11 memiliki kapasitas memori yang sesuai. Kapasitas RAM pada Galaxy A11 adalah 3GB dan memori internal mencapai 32GB yang dapat diperluas hingga

Sumber :