Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk sementara membuka layanan PayPal bagi orang-orang untuk mentransfer dana mereka dari platform. “Mulai Minggu pagi (31/7) kami akan membuka PayPal untuk orang yang bermigrasi,” kata General Manager Computer Applications Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dalam konferensi pers virtual, Minggu (31/7).

Pada Sabtu (30 Juli), Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir layanan PayPal karena platform tersebut gagal mendaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik (ESP) di Indonesia. Penangguhan PayPal, salah satu layanan yang dilarang oleh pemerintah, telah memicu kemarahan publik. Mereka mengungkapkannya melalui jejaring sosial.

PayPal adalah layanan pengiriman dana dari luar negeri. Platform ini banyak digunakan oleh orang-orang yang berkolaborasi dengan perusahaan asing, freelancer atau pembuat konten. Melalui jejaring sosial, beberapa pengguna mengatakan bahwa mereka kesal dan bingung karena mereka masih memiliki dana di PayPal, tetapi mereka tidak dapat menarik karena platformnya diblokir.

Menurut Semuel, pada Minggu (31/7) pukul 08.00 WIB, PayPal dibuka sementara setelah melihat ketentuan komunitas dan menerima masukan. Pembukaan sementara ini akan berlangsung selama lima hari kerja, i. h sampai dengan 5 Agustus pukul 23:59 WIB.

Semuel menantang penonton untuk memanfaatkan lima hari itu sebaik mungkin. Baik Anda mentransfer dana PayPal ke platform lain atau meminta pihak yang bekerja sama dengan mereka untuk mengirim dana ke layanan selain PayPal.

Menurut Semuel, PayPal belum memberikan informasi apa pun kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait pendaftaran penyelenggara sistem elektronik sejak Minggu (31 Juli). Jika PayPal belum terdaftar pada akhir periode, layanan harus diblokir lagi.

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memblokir beberapa situs dan layanan sejak Sabtu (29/7) karena gagal mendaftar sebagai PSE yang beroperasi di Indonesia. Layanan yang diblokir termasuk pencarian Yahoo, game online Steam, Dota 2, Counter Strike Global Offensive, dan platform distribusi digital Origin.

Sumber: