Dikutip dari hasil penelitian websiteToolTester, Indonesia menempati urutan ke-92 dalam daftar negara dengan akses internet tercepat di dunia. Fakta ini tentu tidak lagi mengejutkan karena internet yang lemot sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Jadi peringkat Indonesia dalam penelitian ini tidak lagi mengejutkan kita. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa internet di Indonesia lambat, selain pasrah pada nasib?

Peringkat-92-Mengapa-Internet-di-Indonesia-Lambat

Jika memang ingin tahu alasannya, kita bisa simak jawaban Menteri Komunikasi dan Informatika RI

, Johnny G Plate. Menurutnya, lambatnya internet di Indonesia disebabkan oleh beberapa hal berikut.
Dari segi infrastruktur: Kondisi geografis dan infrastruktur yang tidak merata

Letak geografis Indonesia yang didominasi pegunungan dan sungai dinilai menjadi penyebab penting lambatnya internet di Indonesia. Dalam kondisi geografis seperti ini, akan sulit untuk membangun infrastruktur komunikasi. Oleh karena itu, sulit bagi pemerintah untuk membangun infrastruktur komunikasi yang merata di seluruh Indonesia.

Lalu apa hubungan antara kondisi geografis dengan internet yang lambat?

Selidiki kalibrasi, orang Indonesia menggunakan jaringan seluler atau mobile broadband. Jenis jaringan ini menggunakan spektrum frekuensi radio yang rentan terhadap interferensi. Akibatnya, jaringan ini dapat dengan mudah kehilangan sinyal atau koneksi menjadi tidak stabil. Juga, ketika Anda berada di lokasi terpencil yang infrastrukturnya belum lengkap.
Berbicara tentang konsumen: ada banyak, tetapi daya beli rendah

Jika Anda membandingkan paket data dari penyedia telekomunikasi, Anda akan menemukan bahwa tidak ada operator yang benar-benar menawarkan paket tak terbatas. Mengapa demikian?

Operator telekomunikasi di Indonesia dihadapkan pada tantangan besar

untuk menyediakan jaringan internet dengan harga yang terjangkau. Masyarakat atau disebut konsumen memilih jaringan seluler karena harganya yang terjangkau.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar, operator juga berusaha menawarkan akses internet standar dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat. Jelas, jika Anda menawarkan paket yang lebih mahal, itu tidak sesuai dengan daya beli masyarakat.

Ada kalanya operator menawarkan paket unlimited dengan harga murah, namun kecepatannya akan melambat begitu penggunaan Anda melebihi batas. Pada akhirnya, paket unlimited ini sebenarnya tidak unlimited bukan?

Bahkan ada juga layanan jaringan fiber optic dengan pilihan jaringan internet yang lebih stabil dan cepat. Namun, paket ini kurang mendapat pujian karena harganya sedikit lebih mahal. Mengingat jumlah pengguna internet di Indonesia yang cukup besar mencapai 170 juta orang, apakah provider telekomunikasi ini mampu melayani kebutuhan konsumen?
Internet yang lambat dapat menghambat keberhasilan transformasi digital di Indonesia

Jika rencana transformasi digital benar-benar dilaksanakan, masalah koneksi internet ini bisa menjadi batu sandungan. Karena agar transformasi digital berjalan lancar, diperlukan infrastruktur digital yang baik.

Indonesia perlu memikirkan Taiwan dan Singapura yang berinvestasi gila-gilaan untuk meningkatkan infrastruktur digital. Dengan cara ini, perusahaan berbasis digital dapat berkembang di dalam negeri dan memberikan kontribusi yang luar biasa bagi perekonomian negara.

LIHAT JUGA :

https://liga-indonesia.id/nomor-bot-stiker-wa/
https://jurubicara.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://jurubicara.id/vive-le-football-apk/
https://jurubicara.id/mutualan-telegram/
https://jurubicara.id/dls-2021-mod-apk/
https://jurubicara.id/whatsapp-aero/
https://www.chip.co.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://www.chip.co.id/lightroom-mod-apk/
https://www.chip.co.id/codashop-pro-apk/
https://www.chip.co.id/among-us-mod-apk/
https://www.chip.co.id/pubg-mobile-mod-apk/
https://www.chip.co.id/whatsapp-aero/
https://www.chip.co.id/ssstiktok/
https://psyline.id/ff-max-apk/
https://psyline.id/aplikasi-penghasil-saldo-dana/
https://www.i4startup.id/setvsel-apk/
https://t.me/belajarngeblogbareng/45
https://kricom.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://kricom.id/ff-max-apk/
https://jurubicara.id/instander-apk/