Definisi ideologi adalah

Ideologi merupakan wujud dasar gagasan, gagasan, keyakinan dan keyakinan yang secara sistematis sejalan dengan arah dan tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Pengertian-Ideologi-Pancasila-Menurut-Ahli,-Jenis-dan-Fungsi

Ada yang berpendapat bahwa ideologi adalah visi yang luas, sebagai perspektif tentang segala sesuatu secara umum, serta berbagai arah filosofis yang ditujukan kepada kelas dominan di semua anggota masyarakat.

Memahami Ideologi Menurut para ahli

1. Francis Bacon

Francis Bacon berpendapat bahwa ideologi adalah proses pemikiran fundamental dari sebuah konsep kehidupan.

2. Alfian

Alfian Opinions Ideology adalah sebuah sudut pandang atau sistem untuk mengevaluasi segala sesuatu secara detail tentang seberapa baik moral dianggap benar dan adil, serta untuk mengatur perilaku kolektif dalam berbagai aspek dan bidang kehidupan.

3. Gunawan Setiardjo

Ideologi Opini Gunawan Setiardjo adalah kumpulan ide, gagasan dan aqidah ‘aqliyyah (akidah yang melalui proses berpikir) dan membawa aturan-aturan dalam kehidupan.

4. C. C. Rodee

C. Rodee Opinions Ideology adalah kumpulan ide yang secara logis berhubungan dan mengidentifikasi nilai-nilai yang memberikan kebebasan kepada institusi.

5. Ali Shariati

Ali Shariati berpendapat bahwa ideologi adalah keyakinan dan gagasan yang diikuti oleh suatu kelompok, kelas sosial, bangsa atau ras.

6. Drs. Moerdiono

Drs. Moerdiono berpendapat bahwa ideologi adalah sistem gagasan yang mensistematisasikan semua pemikiran tentang kehidupan dan menyediakan sarana, pedoman, dan strategi yang ditujukan untuk menyesuaikan situasi nyata dengan nilai-nilai yang ada dalam filsafat, orang tua mereka.

Jenis ideologi

1. Ideologi kapitalisme

Kapitalisme adalah kebebasan individu untuk melakukan akumulasi modal individu. Dalam ideologi ini, negara tidak boleh ikut campur dalam upaya pengayaannya sendiri.

2. Ideologi liberalisme

Liberalisme adalah kebebasan individu dan menjaga kesetaraan dalam masyarakat suatu negara. Negara harus melindungi hak fundamental setiap orang.

3. Ideologi Marxisme

Ideologi Marxisme adalah hasil pemikiran Karl Marx. Karl Marx mengumpulkan teori besar yang berkaitan dengan sistem ekonomi, sistem sosial, dan sistem politik.

4. Ideologi sosialisme

Sosialisme adalah sistem kesetaraan sosial di mana pemerintah berperan penting dalam mengatur individu. Tidak ada pengakuan atas kepemilikan pribadi dalam ideologi sosialisme.

5. Ideologi Nasionalisme

Nasionalisme adalah kesadaran dan semangat cinta tanah air dan bangsa yang disikapi oleh sikap individu dan masyarakat.

6. Ideologi feminisme

Feminisme adalah perjuangan untuk kesetaraan dan tanggung jawab perempuan dalam politik, bisnis, budaya, ruang pribadi, dan ruang publik.
Fungsi ideologis

  • Sebagai pedoman aksi sosial individu dalam masyarakat.
  • Sebagai sumber inspirasi norma dan nilai sosial.
  • Sebagai pedoman bagi individu dalam menemukan jati dirinya.
  • Berikan motivasi individu untuk mencapai tujuan hidupnya.

Baca Juga:

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized di Windows
Jasa Pembuatan Web Landing Page Terbaik
Cara Invite atau Tambah Teman di BiP Messenger
Download RPP Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Terbaru
Youtube Rewind 2020 Indonesia Dimeriahkan oleh deretan musisi Indonesia