Definisi pasar persaingan sempurna

pasar-persaingan-sempurna

Pengertian pasar untuk persaingan sempurna adalah pasar dengan banyak pembeli dan penjual sehingga baik penjual maupun pembeli tidak dapat menentukan harga. Meskipun pada dasarnya tidak ada satu pun pasar di dunia yang benar-benar sempurna. Namun yang menjadi contoh pasar yang mendekat adalah pasar beras, karena bentuk, warna dan tampilan yang berbeda relatif sama dan pembeli dan penjualnya juga banyak.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna

Ada beberapa karakteristik yang membedakan pasar persaingan sempurna dari pasar tidak sempurna. Di bawah ini adalah beberapa fiturnya, diantaranya sebagai berikut:

Barang yang diperdagangkan memiliki sifat homogen

Karena homogen, masing-masing elemen ini menggantikan (menggantikan) satu sama lain. Dengan demikian pembeli dapat membeli dengan bebas dari penjual manapun, sedangkan penjual tidak dapat menentukan harga yang berbeda dari pada penjual lainnya, karena barang yang dijual tidak unik.

Ada banyak penjual dan pembeli

Tidak ada batasan jumlah penjual yang dapat berada di pasar atau jumlah pembeli yang dapat membeli di pasar tersebut.

Pembeli dan penjual bertindak sebagai pengambil harga

Banyaknya penjual dan pembeli ini berarti baik penjual maupun pembeli bersifat price taker, karena mereka tidak dapat menentukan harga yang tercipta di pasar (price maker).

Pembeli dan penjual dapat dengan bebas masuk dan keluar pasar

Tidak ada hukuman atau batasan bagi pembeli perorangan untuk membeli di pasar yang sangat kompetitif ini. Penjual juga bisa masuk dan menutup tokonya sesuka hati. Misalnya, jika penjual merasa merugi dalam menjual di pasar, penjual dapat dengan mudah menghentikan bisnisnya.

Informasi yang sempurna

Baik pembeli maupun penjual memiliki informasi yang sempurna tentang harga, kualitas dan kuantitas barang yang ada di pasaran. Adanya informasi yang sempurna berarti penjual tidak akan membebankan harga yang lebih tinggi dari penjual lain untuk barang yang sama. Ketika penjual melakukan ini, pembeli meninggalkan penjual dan membeli barang yang sama dari penjual lain yang menjualnya dengan harga pasar yang berlaku.

Faktor produksi bisa bergerak bebas

Karena tidak ada hambatan untuk masuk ke pasar, penjual juga memiliki kebebasan untuk memindahkan faktor produksinya ke mana saja.

Keuntungan dan kerugian dari pasar kompetitif yang sempurna

Di bawah ini adalah pro dan kontra dari pasar persaingan sempurna, termasuk yang berikut ini:

Keuntungan dari pasar persaingan sempurna

Keuntungan dari pasar persaingan sempurna ini meliputi:

  • Persaingan harga antar penjual tidak dapat diasumsikan karena harga yang diciptakan di pasar diikuti oleh semua penjual
  • Informasi yang sempurna adalah milik penjual dan pembeli
  • Penjual juga dapat menggeser faktor produksinya kapan saja, karena tidak ada hambatan untuk masuk ke pasar
  • Efisiensi maksimum dalam produksi

Kurangnya pasar yang bersaing secara sempurna

Kerugian dari pasar persaingan sempurna ini meliputi:

  • Produk dengan sifat homogen membuat pembeli tidak memiliki pilihan, atau dapat dikatakan bahwa jenis
  • pasar ini membatasi pilihan konsumen sehingga tidak dapat mencapai kepuasan yang maksimal.
  • Tidak ada promosi inovasi karena teknologi atau inovasi dapat ditiru oleh perusahaan lain.

Ini adalah penjelasan untuk definisi pasar tentang persaingan sempurna, karakteristik, kelemahan, dan kekuatan. Semoga apa yang telah diuraikan di atas sehubungan dengan Pasar Persaingan Sempurna semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih

Sumber :