Halaman ini menawarkan solusi bagi Anda yang mengalami perangkat USB yang tidak dapat dibaca dan tidak dikenal atau flash disk tidak dikenali, terlepas dari apakah itu terjadi pada Windows 10/8/7 atau Windows XP.

Cara-Mengatasi-USB-Device-Not-Recognized-di-Windows

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://www.blogpress.id/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized di Windows

Jika Anda mengalami kesalahan ini dan menerima pesan kesalahan “Port USB terakhir yang Anda sambungkan ke komputer ini tidak berfungsi, Windows tidak mengenalinya.” Jangan khawatir, di bawah ini adalah solusi untuk menyelesaikan masalah hanya dalam 7 langkah mudah.

Flash disk yang tidak dapat dibaca adalah kesalahan yang biasanya terjadi pada Windows 10/8/7 / XP / Vista saat Anda menyambungkan port USB ke PC. Perangkat USB ini dapat berupa hard drive USB atau flash drive.

Ketika Windows mengalami kesalahan seperti itu, stik USB tidak dapat dibaca di laptop dan karenanya tidak dapat membuka akses data. Untuk mengatasinya, lakukan hal berikut:

Cara mengatasi perangkat USB yang tidak dikenal

1. Nyalakan ulang perangkat

Terkadang reboot sederhana dapat memperbaiki perangkat USB yang tidak dikenali. Coba restart atau matikan PC Anda untuk beberapa saat, kemudian hidupkan kembali.

Selanjutnya, coba sambungkan kembali perangkat USB Anda dan lihat hasilnya. Jika masih tidak berhasil, coba langkah-langkah berikut.
2. Coba komputer lain

Coba pasangkan flash drive Anda dengan komputer lain. Jika masih tidak berfungsi di PC lain, USB Anda memang bermasalah. Maka hanya ada dua pilihan tersisa untuk Anda: beli yang baru atau coba perbaiki.

Jika Anda memutuskan untuk membeli yang baru, Anda perlu menentukan kapasitas dan kualitas flash disk yang Anda pilih. Untuk referensi, silakan kunjungi Flash Disk Terbaik.
3. Lepaskan USB lain

Terlalu banyak stik USB di komputer yang sama juga dapat menyebabkan konflik yang dapat memengaruhi fungsionalitas perangkat.

Untuk menghindari kemungkinan konflik antar perangkat, disarankan untuk melepaskan semua perangkat USB lain yang terhubung pada saat yang sama dan memeriksa apakah stik USB yang diinginkan berfungsi.
4. Perbaiki hub root USB

1). Tekan tombol logo Windows dan R secara bersamaan. Selanjutnya, ketik devmgmt.msc.

devmgmt.msc

2). Klik panah bawah untuk membuka Universal Serial Bus Controllers. Klik kanan opsi USB Root Hub dan klik Properties.

perangkat USB tidak dikenal

3). Buka tab Manajemen Daya dan hapus centang Biarkan komputer mematikan komputer saya untuk menghemat daya. Klik OK.

Properti hub akar USB

Jika Anda memiliki lebih banyak hub root USB, Anda harus mengulangi proses ini beberapa kali. Harap ingat untuk mengklik OK setelah setiap pertunjukan.

Setelah mengatur, sambungkan kembali flash disk Anda untuk melihat apakah komputer Anda dapat membacanya.

Jika flashdisk Anda masih tidak dapat dibaca setelah itu, aktifkan kotak centang Biarkan komputer mematikan perangkat ini untuk menghemat daya lagi.
5. Perbarui driver port USB

Jika metode di atas tidak berhasil untuk masalah Anda, Anda mungkin menggunakan driver USB yang salah.

Ada dua cara untuk memperbarui driver port USB: secara manual dan otomatis.

– Pembaruan driver manual
Anda dapat memperbarui driver port USB secara manual dengan mengunjungi situs web produsen PC Anda dan mencari driver terbaru yang sesuai dan cocok untuk Anda.

Pastikan Anda memilih satu-satunya driver yang kompatibel dengan varian Windows Anda.

– Pembaruan driver otomatis
Jika Anda tidak memiliki cukup waktu atau keterampilan komputer untuk memperbarui driver Anda secara manual, Anda dapat melakukannya secara otomatis dengan Driver Easy.

Driver Easy akan secara otomatis mendeteksi sistem Anda dan menemukan driver yang tepat untuk Anda. Anda tidak perlu tahu persis sistem apa yang dijalankan komputer Anda.

 

  Lihat Juga : cara download scribd