Cara Membatalkan Email Terkirim di Gmail, Yahoo & Outlook

membatalkan-email

Cara membatalkan email yang sudah terkirim lama atau hanya beberapa detik, pasti menjadi salah satu hal yang akan segera Anda cari ketika menyadari bahwa Anda salah mengirim pesan.

Sayangnya, cara withdraw email yang sudah terkirim tidak semudah saat membuat email baru yang hampir semua orang tahu caranya, geng.

Anda harus melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu agar dapat menggunakan fitur ini secara maksimal. Lalu, bagaimana Anda melakukannya?

Tidak perlu bingung karena kali ini Jaka akan membagikan tips cara menghapus email terkirim di Gmail, Outlook, dan Yahoo.

Cara Membatalkan Email Terkirim di Gmail, Yahoo, dan Outlook

Dari sekian banyak penyedia layanan email yang ada khususnya di Indonesia, Gmail, Yahoo, dan Outlook adalah beberapa yang paling banyak digunakan.

Baik itu untuk keperluan pendaftaran akun media sosial, akun belanja online, atau untuk keperluan pekerjaan.

Berbicara tentang email, Jaka yakin banyak dari Anda yang salah ketik saat mengirim email atau bahkan salah kirim. Untuk masalah profesional, Anda harus menghindari ini.

Oleh karena itu, agar tidak merasa malu, berikut Jaka memiliki kumpulan cara menarik untuk mengambil pesan di email Gmail, Yahoo, dan Outlook yang sudah terkirim.

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail

Gmail adalah salah satu platform pengiriman email paling populer dan banyak digunakan saat ini. Maka tak heran jika Gmail dijuluki sebagai salah satu produk Google tersukses saat ini.

Nah, bagi anda yang tidak sengaja salah mengirim email dan berharap orang tersebut belum membacanya, anda bisa mengikuti langkah-langkah cara unsend gmail yang sudah terkirim di bawah ini.

1. Buka halaman Pengaturan Gmail

Klik ikon roda gigi di pojok kanan atas, lalu pilih menu ‘Lihat semua setelan’.

2. Ubah durasi pengaturan ‘Batalkan Kirim’

Setelah itu, masih di tab ‘General’ kamu scroll sampai kamu menemukan opsi ‘Undo Send’. Ubah durasi menjadi 30 detik untuk membuatnya lebih lama. Jika demikian, jangan lupa untuk menekan tombol ‘Simpan perubahan’ di bagian bawah halaman.

3. Pilih ‘Undo’ untuk membatalkan pengiriman email

Jika sudah mengatur durasi Undo Send, maka untuk membatalkan pesan yang sudah terkirim kamu tinggal klik opsi ‘Undo’ yang akan otomatis muncul setelah kamu mengirim email.
Cara Menghapus Email Terkirim 8a13f

Cara menarik pesan di Gmail selesai! Setelah itu, pengiriman email akan otomatis dibatalkan oleh sistem Gmail, geng.

Sayangnya, karena durasi pembatalan maksimal hanya 30 detik, maka Anda bahkan tidak bisa membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 30 detik.

Sedangkan cara membatalkan email yang sudah terkirim di hp juga sama. Namun Anda tidak perlu melakukan pengaturan apapun terlebih dahulu, melainkan hanya perlu menekan opsi ‘Undo’ pada notifikasi yang muncul.

Cara Menarik Pesan Email di Yahoo! Surat

Selain Gmail, Yahoo! Mail juga merupakan pemain lama yang namanya dikenal banyak orang sebagai salah satu penyedia layanan email terpopuler.

Meski memang, popularitas Yahoo! Mail bisa dibilang tidak setenar para pesaingnya.

Seperti yang terjadi pada pengguna Gmail, Yahoo! Mail juga pasti pernah mengalami momen serupa yang membuat Anda sangat ingin menarik kembali pesan yang sudah terkirim?

Nah, jika Gmail sudah memiliki fitur Undo Send yang walaupun hanya berdurasi maksimal 30 detik, namun di Yahoo! Sayangnya Mail belum memiliki fitur ini, geng.

Dengan kata lain, bagi Anda yang sedang mencari cara untuk membatalkan email terkirim di Yahoo, Anda belum bisa melakukannya untuk saat ini.

Oleh karena itu, daripada repot-repot mengganti nama email atau bahkan menghapus akun untuk menghindari rasa malu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati saat ingin mengirim email menggunakan Yahoo! surat ini.

Cara Membatalkan Email Terkirim di Outlook

Terakhir, ada cara untuk menghapus email yang sudah terkirim di Outlook agar tidak terbaca oleh penerima.

Untuk melakukannya, caranya sangat mudah dan praktis mirip dengan Gmail. Untuk mengetahui lebih detail, berikut Jaka telah menyiapkan langkah-langkahnya beserta gambar-gambarnya.

1. Buka halaman Pengaturan Outlook

Klik ikon roda gigi di sudut kanan atas, lalu pilih ‘Lihat semua pengaturan Outlook’.

2. Buka halaman pengaturan ‘Tulis dan Balas’

Setelah itu, kamu pilih bagian ‘Mail’ dan pilih opsi ‘Compose and Reply’. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan fitur ‘Undo Send’.

Geser penggeser ke kanan selama 10 detik penuh. Setelah itu jangan lupa untuk menekan tombol ‘Simpan’.

Sumber :