XL Axiata mengakuisisi Link Net, pemilik First Media Internet dan jaringan televisi kabel

induk-xl-axiata

XL Axiata akhirnya akan resmi mengakuisisi Link Net, perusahaan pemilik merek First Media, yang menyediakan layanan jaringan internet dan televisi kabel di Indonesia. Akuisisi ini akan menjadikan XL Axiata dan induk perusahaannya Axiata Group sebagai pengendali baru Link Net.

Berdasarkan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), XL Axiata akan mengakuisisi sekitar 1.816.735.484 (66,03 persen) saham Link Net dari pemegang saham eksisting melalui Perjanjian Pembelian (PJB).

Tidak disebutkan berapa harga per lembar saham XL Axiata yang akan dibeli, namun dengan asumsi harga saham Link Net (LINK) pada Jumat (30/7) adalah Rp 4.600/saham, kemungkinan pembelian bisa lebih dari itu. mencapai Rp8 triliun.

Corporate Secretary XL Axiata Ranty Astari Rachman menyatakan aksi korporasi ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis masa depan perusahaan di industri jasa telekomunikasi. XL Axiata akan selalu memperhatikan dan mematuhi peraturan yang berlaku, termasuk ketentuan pasar modal, dalam melaksanakan rencana pengambilalihan Link Net.

“Tujuan dari rencana akuisisi ini adalah untuk mengembangkan dan memperluas jaringan bisnis serta memperkuat bisnis XL dan Axiata dalam penyediaan layanan telekomunikasi kepada pelanggan,” kata Ranty dalam keterangan resminya.

Link Net sendiri telah ada sejak tahun 1996. Dengan merek komersial “First Media”, Link Net telah mengembangkan perusahaannya menjadi penyedia layanan Internet broadband, TV berbayar, dan komunikasi data terbesar di Indonesia.
Link Net juga menawarkan solusi konektivitas lengkap untuk pasar perusahaan di bawah merek “First Media Business”. Hal ini memastikan bahwa setiap perusahaan memiliki konektivitas serbaguna dan solusi teknologi canggih untuk memaksimalkan kinerja bisnis mereka.

XL Axiata kini memiliki lebih dari 56 juta pelanggan, termasuk Axis. Jaringan infrastruktur XL Axiata telah tersebar di seluruh Indonesia, dengan lebih dari 147.000 BTS, termasuk lebih dari 57.000 BTS 4G. Layanan 4G XL Axiata tersedia di 458 kota/kabupaten hampir di seluruh provinsi.

Sumber :