digitalcamera.co.id – Cara membuat dan menjalankan WhatsApp Business Web. WhatsApp kini menjadi aplikasi chatting yang sangat populer karena menjadi pilihan banyak orang.

Tentu saja hal ini karena WhatsApp memiliki banyak kelebihan, seperti kesederhanaan tampilannya, ringannya aplikasinya dan kelengkapan fungsinya.

Berdasarkan situs ppklkemenkop.id Berbicara tentang fitur yang dimiliki WhatsApp, saat ini aplikasi WhatsApp tidak hanya dapat digunakan untuk percakapan sehari-hari tetapi juga dapat digunakan untuk manajemen bisnis.

WhatsApp sekarang memiliki WhatsApp Business, yang dapat digunakan tidak hanya melalui aplikasi, tetapi juga di web.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan WhatsApp untuk keperluan bisnis. Misalnya, sekarang Anda perlu melakukan percakapan dengan calon pembeli atau pelanggan menggunakan nama pribadi Anda, tetapi dengan nama bisnis atau perusahaan Anda.

Berikut adalah informasi tentang WhatsApp Business, termasuk cara membuat WhatsApp Business Web dan cara menjalankannya.

Cara Membuat WhatsApp Business Web dan Mengoperasikannya

Cara Membuat WhatsApp Business Web

Mengenal WhatsApp Business Web

WhatsApp Business berbeda dengan WhatsApp biasa yang digunakan untuk keperluan pribadi. Padahal, aplikasi yang diunduh berbeda antara WhatsApp dan WhatsApp Business. Keduanya memiliki logo masing-masing.

WhatsApp Business lebih menekankan pada interaksi dengan pembeli untuk membuat komunikasi lebih teratur dan mudah. Aplikasi ini sebenarnya adalah aplikasi mandiri yang ditujukan untuk pemilik usaha kecil atau pemilik bisnis.

Karena untuk pemilik bisnis, pengguna perlu mengisi informasi profil perusahaan secara rinci seperti nama perusahaan, alamat, deskripsi, kategori bisnis, dan informasi waktu layanan.

Namun, Anda harus berhati-hati saat memasukkan nama perusahaan atau perusahaan. Karena Anda tidak dapat mengubah nama. Jadi Anda hanya punya satu kesempatan.

WhatsApp Business sama dengan WhatsApp yang bisa digunakan di perangkat yang berbeda. Untuk HP, Anda bisa menggunakannya di Android dan iPhone. Anda juga dapat menggunakan WhatsApp Business di PC melalui WhatsApp Business Web.

Fitur WhatsApp Bisnis

WhatsApp Business memiliki fitur yang berbeda dari WhatsApp biasa. Fitur-fitur ini akan memudahkan aktivitas kerja Anda. Itulah beberapa fitur WhatsApp Business yang bisa Anda manfaatkan.

  1. Buat formulir obrolan respons cepat

Bagi pengusaha, mendapatkan banyak pesan masuk pasti menyenangkan. Sayangnya, situasi ini terkadang membuat pemilik bisnis curiga karena sulit merespons pembeli potensial dengan cepat.

Dengan fitur balas cepat atau balasan cepat, itu akan sangat berguna. Fitur ini akan sangat ampuh dalam menjawab pertanyaan dari calon pembeli yang umumnya sama.

Dengan cara ini, Anda dapat membuat template atau format respons yang dapat menjawab pertanyaan standar.

Fitur ini tidak hanya terbatas pada teks, tetapi Anda juga dapat menghasilkan format respons menggunakan gambar, GIF, atau video. Sayangnya, fitur textless belum tersedia di web, hanya melalui aplikasi HP.

  1. Etiket Percakapan

Fitur ini akan berguna karena Anda dapat menandai percakapan untuk mengelompokkannya ke dalam tag terpisah.

Dengan cara ini, Anda dapat mengategorikan percakapan, seperti mengelompokkan jenis pelanggan dan mengelompokkan jenis pesanan untuk mengumpulkan data pembayaran.

  1. Karakteristik analitis

Fitur ini akan membantu Anda membuat berbagai laporan. Dengan ini, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi statistik tentang bagaimana Anda menjalankan bisnis Anda.

Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Business Web

Untuk membuat WhatsApp Business, Anda memerlukan ponsel dengan nomor ponsel yang berbeda dengan nomor ponsel yang terdaftar di WhatsApp pribadi Anda. Berikut cara membuat Website WhatsApp Business.

  1. Download dan install WhatsApp Business, lalu buka aplikasinya
  2. Klik Terima dan lanjutkan untuk menyetujui semua syarat dan ketentuan
  3. Masukkan nomor ponsel perusahaan Anda
  4. Masukkan berbagai informasi rinci tentang perusahaan. Berhati-hatilah saat memasukkan informasi nama, karena informasi ini tidak dapat diubah.
  5. Setelah selesai, isi berbagai informasi profil tambahan dengan menekan ikon tiga titik di sudut atas > Pengaturan > Profil Anda
  6. Untuk mengakses Web WhatsApp Business, Anda dapat menekan kode QR di web.whatsapp.com seolah-olah menggunakan WhatsApp biasa, pemindaian hanya dilakukan melalui aplikasi WhatsApp Business