Tips aman beli laptop bekas buat kamu yang kurang paham gadget

Tips aman beli laptop bekas buat kamu yang kurang paham gadget

Laptop bekas sering menjadi pilihan ketika tidak ada cukup uang untuk membeli laptop baru jika diperlukan. Tentunya hal ini dikarenakan harga laptop bekas atau second yang lebih murah dan ketersediaannya hampir selalu ada, terutama untuk mengisi kebutuhan laptop yang sudah tidak diproduksi lagi atau sudah dihentikan produksinya.

Namun, ShopBackers perlu tahu bahwa Anda harus sangat berhati-hati saat membeli laptop bekas. Kesalahan dalam memilih laptop bekas dapat menyebabkan ShopBacker merugi, karena laptop yang dibeli mudah rusak sehingga memerlukan biaya perbaikan yang cukup mahal. Oleh karena itu, sebelum membeli laptop bekas yang diinginkan ShopBackers, ShopBackers perlu mengetahui tips membeli laptop bekas.

Tips apa yang kemudian bisa dipraktikkan saat membeli laptop bekas? Yuk, simak ulasannya.
1. Periksa bodi laptop
Beli buku catatan bekas
(Sumber gambar: pixabay.com)

Pertama, ShopBackers perlu mengecek kondisi casing laptop. Pastikan laptop yang Anda beli tidak retak karena retakan pada body laptop bisa menjadi indikasi laptop terjatuh atau mengalami benturan keras.
2. Perhatikan layar
Beli buku catatan bekas
(Sumber gambar: pixabay.com)

Lihatlah layar dan amati piksel mati. Caranya: ShopBackers bisa mengganti wallpaper dengan warna hitam dan mengamati apakah muncul warna selain hitam. Coba juga ganti wallpaper dengan warna putih dan coba cari warna selain putih. Jika ShopBackers menemukan warna yang berbeda dari warna wallpaper yang digunakan, maka kondisi layar kurang baik karena dead pixel.
3. Periksa kesehatan hard drive
Beli buku catatan bekas
(Sumber gambar: pinterest.com)

Performa harddisk sangat mempengaruhi performa laptop. ShopBacker wajib memastikan bahwa hard drive yang terpasang di laptop sesuai dengan spesifikasi asli pabrikan laptop. Selain itu, ShopBackers harus memastikan bahwa disk bebas dari bad sector dengan mencoba menyalin dan menempelkan file yang cukup besar. Jika file disalin dengan cepat, itu berarti hard drive masih dalam kondisi baik.

Baca juga: Rekomendasi HP dengan Kamera Terbaik, Harga Mulai 2 Jutaan!
4. Periksa baterai
Beli buku catatan bekas
(Sumber gambar: pinterest.com)

Uji masa pakai baterai dengan me-restart laptop. Perhatikan persentase baterai sebelum dan sesudah restart. Jika persentase baterai berkurang lebih dari 1%, itu mungkin menunjukkan bahwa kesehatan baterai laptop tidak baik. Padahal baterai laptop justru bertambah setelah restart.
5. Periksa keyboard dan trackpad
Beli buku catatan bekas
(Sumber gambar: pinterest.com)

Coba buka pengolah kata, lalu coba fungsi setiap tombol secara bergantian. Pastikan juga fungsi trackpad benar-benar normal, meskipun laptop yang ingin dibeli memiliki fungsi gesture pada trackpad.

Selain tips membeli laptop bekas ini, ShopBackers juga harus pandai membaca harga pasaran laptop bekas sebelum melakukan pembelian. Sorotan: ShopBackers dapat menggunakan ShopBack untuk membandingkan harga di pasar yang berbeda secara bersamaan. ShopBackers hanya perlu satu klik untuk mencari perbandingan harga dan menemukan penawaran yang tepat.

Sumber :