Pada aplikasi billing yang menggunakan web base umumnya terdapat fungsi pendukung yang membantu optimalisasi aplikasi tersebut. Tak heran jika kemudian banyak perusahaan yang tertarik menggunakan aplikasi ini.

Fitur aplikasi penagihan

Aplikasi Faktur Berbasis Web: Solusi untuk mempermudah pembuatan faktur

Aplikasi-Faktur-Berbasis-Web-Solusi-untuk-mempermudah-pembuatan-faktur

Baca juga:
– 10 aplikasi SDM teratas untuk mengelola karyawan
– Fungsi invoice dan cara membuatnya mudah
– Keuntungan sistem perangkat lunak manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan dan UKM
– Apa itu aplikasi Simpeg, jenis dan manfaatnya?

Biasanya, sebagian besar aplikasi penagihan berbasis web memiliki fitur berikut.

1. Templat faktur

Tentu saja, yang paling mungkin ditemukan di sebagian besar aplikasi invoice adalah fitur template invoice. Berkat fitur ini, perusahaan dapat membuat invoice sesuai dengan kebutuhan masing-masing dengan berbagai template yang dapat disesuaikan.

Jadi Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk membuat template invoice yang berbeda.

2. Sistem pengiriman invoice otomatis
Didukung oleh GliaStudio

Aplikasi billing berbasis web juga memiliki sistem billing otomatis untuk pelanggan. Sebenarnya hal ini juga bisa diatur sesuai dengan keinginan perusahaan atau sesuai dengan kebutuhan setiap pebisnis.

Anda tidak harus mengingat secara manual, aplikasi menyediakan sistem yang dapat memudahkan hal ini terjadi secara otomatis.

3. Pemberitahuan Pembayaran

Fitur lain yang juga umumnya disematkan adalah notifikasi saat pembayaran dilakukan dari pelanggan yang menerima invoice. Secara tidak langsung, ini membantu menutupi tagihan yang dikirim. Beberapa aplikasi bahkan memiliki sistem yang terintegrasi dengan bank untuk memverifikasi pembayaran dengan mudah.

4. Proses Pelaporan

Umumnya, aplikasi invoice juga dilengkapi dengan sistem pelaporan bawaan untuk mendukung pelaporan keuangan perusahaan. Jadi tidak perlu melakukan ini secara manual. Semuanya telah terintegrasi dengan baik dan otomatis muncul di laporan keuangan mengenai status invoice dan pembayaran terkait yang telah dilakukan.

Apa tujuan dari penagihan?
Aplikasi faktur berbasis web. (Buku harian)
Aplikasi faktur berbasis web. (Buku harian)

Kemampuan membuat invoice yang baik dan benar sangat penting untuk kredibilitas perusahaan Anda. Pembuatan invoice ini tentunya memiliki tujuan yaitu sebagai tanda terima bagi pembeli dan sebagai dokumen pembukuan bagi perusahaan.

Sejauh ini belum ada hal lain yang dapat menggantikan efektifitas penerapan invoicing di perusahaan. Lantas apa tujuan pembuatan RUU ini?

1. Bukti pembayaran atau kwitansi untuk pelanggan

Faktur kepada pelanggan dimaksudkan sebagai tanda terima. Faktur yang diberikan kepada pelanggan bertindak sebagai dokumen instruksi yang dapat digunakan untuk membayar pembelian barang atau jasa sebelumnya. Secara umum, faktur dikeluarkan ketika tagihan sangat besar sehingga sangat membutuhkan tanda terima.

2. Catatan Akuntansi Perusahaan

Bagi perusahaan, invoice tentunya digunakan untuk pembukuan. Hal ini cukup penting mengingat perusahaan yang kredibel harus menyimpan catatan keuangan secara detail agar suatu saat dapat ditemukan dengan mudah.
Aplikasi faktur berbasis web. (Buku harian)
Aplikasi faktur berbasis web. (Buku harian)

manfaat penagihan

Setelah tujuan tersebut, kita juga harus tahu apa keuntungan dari sebuah invoice. Berikut adalah beberapa manfaat faktur:

1. Memberikan transparansi untuk bisnis mengenai pengeluaran

Faktur adalah dokumen penting yang biasanya dibutuhkan oleh setiap bisnis saat melakukan transaksi, terutama pembelian dalam jumlah besar.

Faktur berisi informasi rinci dan akurat tentang pembelian, sehingga pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan dapat diidentifikasi secara transparan.

2. Kelola Pembayaran

Faktur juga digunakan untuk melacak pembayaran secara formal karena menunjukkan berapa banyak uang yang telah dibelanjakan dan faktur mana yang belum dibayar oleh bisnis Anda.

3. Kumpulkan pembayaran untuk barang atau jasa

Faktur adalah dokumen hukum untuk menagih pembayaran dari pembeli. Beberapa bisnis biasanya tidak ingin mengeluarkan uang jika hanya ditagih melalui email atau telepon.

Oleh karena itu, keberadaan invoice ini sangat membantu karena berisi informasi detail tentang pembayaran yang harus dibayar oleh suatu perusahaan.

Contoh detail tagihan:

Tanggal faktur
Nama dan alamat penjual
Nama dan alamat pembeli
nomor tagihan
Nomor pesanan jika PO (Pesanan Pembelian) dikeluarkan
Rincian dan jumlah yang disediakan

Baca Juga :

https://relawanfilantropi.id
https://polres-gowa.id
https://ipcportequipment.co.id
https://dprdkabprobolinggo.id