Transformasi digital dianggap sebagai “senjata” terpenting dari revolusi industri 4.0 masa depan. Anda tentu akan bertanya pada diri sendiri apa definisi transformasi digital sehingga menentukan masa depan dunia industri? Jika Anda ingin menjadikan perusahaan Anda salah satu perusahaan paling sukses di masa depan, Anda harus mulai menerapkan transformasi digital. Penafian, proses ini tidak instan, sehingga Anda harus membuat komitmen yang kuat untuk secara konsisten menerapkan teknologi dalam sistem dan layanan bisnis perusahaan.
Definisi transformasi digital

Apa-definisi-transformasi-digital

Transformasi digital merupakan transisi drastis dari proses bisnis konvensional ke proses bisnis yang sepenuhnya

digital. Anda tidak hanya perlu membatasi diri pada proses bisnis, Anda juga perlu mengubah layanan perusahaan yang lebih ramah pengguna. Dalam praktiknya, pergeseran proses bisnis ini menggunakan berbagai jenis teknologi digital seperti analytics, automation, cloud, dan teknologi lainnya.

Mengapa transformasi digital diperlukan? Seiring waktu, proses bisnis yang kurang bisa diterapkan dengan biaya tinggi tidak akan lagi kompetitif. Anda perlu menjalankan proses bisnis secara efisien, produktif, cepat, dan dengan anggaran kecil. Semua tantangan tersebut dapat dijawab dengan transformasi digital.
Usaha minimal, hasil maksimal!

Contoh sederhana transformasi digital adalah penggunaan Google Drive. Dulu, Anda bisa menggunakan flash disk untuk mentransfer atau mengirim data dan menyebarkannya ke karyawan lain secara manual atau dengan melampirkannya ke email. Cara ini kurang efisien, memakan waktu dan disertai biaya transfer. Jika dokumen sangat penting tetapi tidak ditindaklanjuti dengan cepat, Anda bisa kehilangan pelanggan dan keuntungan.

Namun, dengan digitalisasi media penyimpanan, Anda dapat menyimpan semua file

Anda melalui cloud Google Drive. Cloud merupakan salah satu contoh teknologi digital yang menyediakan layanan penyimpanan berbasis internet yang dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja asalkan memiliki akun untuk login.

Jika Anda bekerja dari rumah, Anda cukup mengunggah file dokumen ke Google Drive dan dengan mudah memberikan salinan tautan untuk diunduh kepada orang lain. Transformasi dari dokumen ke non-dokumen ini merupakan inti dari transformasi digital. Prosesnya cepat dan murah bukan?

Ketika proses bisnis efektif dan produktif, maka pelayanan perusahaan kepada konsumen

juga meningkat. Semakin baik pengalaman pengguna, semakin banyak transaksi yang akan terjadi. Bagaimanapun, Anda akan mendapatkan keuntungan maksimal dengan sedikit usaha.

Ini hanyalah contoh kecil dari transformasi digital. Padahal, ruang lingkup transformasi digital sangat luas dan dapat diterapkan di seluruh area perusahaan. Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang transformasi digital, Anda dapat membaca informasi lebih lanjut di aqi.co.id.

LIHAT JUGA :

https://www.chip.co.id/x8-speeder/
https://teknosentrik.com/yandex-blue-china/
https://teknosentrik.com/45-76-3345-76-33-x-44/
https://teknosentrik.com/111-90-150-204-video/
https://www.chip.co.id/sedekah-cf/
https://www.i4startup.id/vsco-mod-apk/
https://www.chip.co.id/higgs-domino/
https://www.chip.co.id/vsco-mod-apk/
https://www.i4startup.id/gta-sa-lite/
https://www.sudoway.id/cara-menggunakan-lulubox/
https://www.atursaja.com/2129/cara-menghilangkan-suara-vokal-pada-lagu-di-youtube/
https://www.atursaja.com/1338/cara-top-up-ovo-di-indomaret/
https://www.atursaja.com/2285/cara-mengetahui-password-wifi-yang-sudah-terhubung/
https://www.atursaja.com/1964/cara-daftar-internet-banking-mandiri-online/
https://dolanyok.com/x8-sandbox-apk/
https://liga-indonesia.id/x8ds-com-china-apk/
https://snapcard.id/
https://www.masukptn.id/
https://teknosentrik.com/185-62-l53-200/
https://teknosentrik.com/18-di-google/