Penggemar burung mengenal adas manis dan burung kembang.

Punglor bunga jantan dan betina atau adas bunga jantan dan betina merupakan jenis adas manis yang memiliki kicauan merdu yang populer. Maka tidak heran jika banyak yang memelihara dan dijadikan sebagai burung aduan.

 

8-Perawatan-Burung-Anis-Kembang-Biasa-Untuk-Burung-Aduan-dan-Peliharaan

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://hargaburung.id/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

Meminta bunga adas manis tentunya bukan tanpa alasan, karena selain memiliki kicauan yang merdu, namun postur dan warnanya juga sangat menarik untuk dijadikan sebagai burung hias di rumah.

Begitu pula dengan harga adas bunga jantan yang masih terjangkau dan sebanding dengan kemampuan berkicau serta kecantikan tubuhnya. Bahkan tak jarang banyak orang yang memanfaatkan bunga adas manis untuk mendapatkan keuntungan.

Merawat burung adas manis dan kembang burung tentunya membutuhkan teknik khusus untuk menghasilkan suara yang merdu. Bahkan pola perawatan harian bunga adas mempengaruhi karakternya.

Semahal apapun adas bunga jantan, jika tidak dirawat dengan baik, maka tidak akan benar-benar memamerkan bakatnya.

Sekalipun anda membeli bunga adas manis atau bunga trotol jantan, namun pola perawatan yang benar tidak diterapkan, maka bunga anis burung yang sudah jadi akan rusak.

Sehingga saat merawat bunga jantan, adas manis harus dilakukan dengan benar. Lalu bagaimana cara merawat adas manis dan bunganya? Berikut penjelasannya.

Berikut ini adalah langkah-langkah harian merawat bunga adas manis.

1. Kandang bunga adas manis

Bagi burung peliharaan, kandang adalah rumah bagi mereka. Oleh karena itu kandang perlu diperhatikan dari segi keamanan dan kenyamanan burung.

Selain itu, agar tercipta kicau yang merdu, adas kembang jantan, tentunya suasana kandang harus nyaman untuknya.

Kandang yang bisa Anda buat untuk bunga adas adalah kandang ukuran 40 x 40 x 60 yang bisa berbentuk persegi atau bulat.

2. Udara keluar di pagi hari

Pagi hari jam 7 pagi anda perlu mengangin-anginkan kandang adas bunga di depan rumah anda. Bersihkan juga kandang selama ventilasi.

Pembersihan dilakukan dengan membersihkan kotoran bunga adas manis dari kandang, mengganti atau menambah voer, mengganti air minum dan memberi makan bunga adas manis.

Makanan untuk adas bunga adalah buah-buahan segar seperti pepaya apel dan pisang.

3. Adas bunga mandi

Kemudian setelah jam 7.30 pagi waktunya adas manis dimandikan.

Memandikan bunga adas manis dilakukan dengan cara mandi di bak mandi atau bisa juga dengan cara disemprot.

4. Mengeringkan adas manis kemang

Setelah mandi, langkah selanjutnya tentunya adalah mengeringkan bunga adas manis. Waktu pengeringan antara jam 8 pagi sampai 11 pagi.

Ingat, saat mengeringkannya, berhati-hatilah untuk menjauhkannya dari burung serupa.

Saat menjemur adas bunga, Anda juga bisa memberikan Extra Fooding atau EF berupa 2-3 ekor jangkrik. Padahal jangkrik merupakan bibit burung adas manis yang akan membantu perkembangannya.

Agar bunga adas tidak busuk, cukup letakkan jangkrik di tepuk.

5. Udara kembali

Setelah kering, langkah selanjutnya adalah memberikan ventilasi selama 10 hingga 15 menit di depan patio. Selanjutnya, sekop kembali sangkar dan masukkan ke dalam.

6. Lakukan analisis bunga Masteran

Anda juga bisa melakukan Masteran Anis Kemang saat sedang diadakan. Anda dapat memilih suara master yang sesuai untuk analisis bunga Anda.

7. Buka Kondong dan beri ventilasi

Setelah pukul 15.30, keluarkan adas manis dan bungkus kembali tubuh Anda di depan rumah. Anda bisa memandikannya lagi saat cuaca cerah.

Anda juga hanya dapat mengembalikan 1 kriket dengan proses ventilasi ini.

8. Masukkan kembali adas manis

Setelah perawatan harian ini, tibalah waktunya pada jam 8 pagi bagi bunga adas untuk istirahat total. Artinya, untuk memasukkan kembali bunga adas di detensi hingga pagi hari.

Memiliki bunga gacor aniseed ngerol dan aniseed flower ngeplong betina tentunya menjadi dambaan bagi para pecinta burung aniseed kembang jenis ini.

Ini bukan hanya masalah kebanggaan, tapi juga bisa mendapatkan keuntungan darinya. Bagi para pembudidaya bunga adas manis khususnya, cara perlakuan terhadap ternak bunga adas manis tentunya sangat penting agar dapat memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya.

Lihat Juga: Makanan Burung Murai