– FIGHT Esports menyelenggarakan webinar bertajuk “TikTok & Esports Career Talks” bersama TikTok, Smartfren, dan Binus Career Center. Acara ini akan berbagi tips membangun karir sebagai content creator.

4 tips dan trik untuk membangun karir sebagai pembuat konten

FYI: TikTok telah menjadi salah satu media sosial paling populer saat ini. Sementara itu, platform berbagi video telah melahirkan banyak talenta kreasi konten muda di Indonesia.
Baca juga

Deretan-Pinjaman-Ilegal-yang-Harus-Dihindari,-Waspadai-Penipuan

FIGHT Esports adalah PR tahun 2022
FIGHT Esports menantang siswa untuk menjalankan kampanye digital yang etis
FIGHT Pertarungan mingguan, tim esports amatir menampilkan
Ubah ekspresi wajah, Street Fighter 6 memiliki fitur ejekan

Webinar bertajuk TikTok & Esports Career Talks yang berlangsung pada 24 Agustus 2022 itu menghadirkan dua pembicara, yakni TikTok Gaming Category Manager Ilham Batara Simatupang dan Community Development Manager PT Smartfren Telecom Tbk Fransisca Octavianti.

Pada sesi pertama, Octavianti Fransisca yang biasa disapa Sisca menyampaikan materi. Selain pekerjaan pengembangan komunitasnya, Sisca juga seorang pembuat konten dengan lebih dari 100.000 pengikut di akun TikTok-nya.

Sisca berpengalaman dalam memproduksi konten viral dan berbagi keahliannya dalam membuat konten yang menarik.

Di bawah ini adalah tips dan trik untuk membuat konten sebagai pembuat konten:

Gunakan latar belakang yang sesuai dengan video. Dalam sebuah konten video, musik merupakan salah satu komponen penting yang dapat menciptakan suasana latar video.
Bungkus pesan yang ingin disampaikan dalam bentuk cerita. Selain itu, Sisca juga menyampaikan pentingnya pemilihan judul yang kreatif. Evaluasi judul-judul konten sebelumnya dan lakukan riset untuk menemukan judul yang sesuai dengan target audiens.
Variasikan konten yang akan diunggah. Variasi konten dapat digunakan sebagai alat yang ampuh untuk menjaga agar audiens Anda tidak bosan. Menurut Sisca, jenis konten yang sama sepanjang waktu berpotensi membosankan bagi penonton. Variasikan konten menjadi berbagai jenis konten seperti gratis, tip, dan pembaruan. Selain itu, konten yang bervariasi juga berpotensi menjangkau jenis audiens baru yang sebelumnya tidak tersedia.
Gunakan tagar yang sesuai dan unggah konten Anda pada jam tayang utama. Setiap akun memiliki prime time sendiri. Teliti akun Anda untuk mengetahui jam tayang utama yang tepat untuk audiens Anda.

FIGHT Esports, TikTok Indonesia dan Smartfren berbagi tips karir untuk para content creator. (FIGHT Esports)

Usai berkiprah di media sosial, Sisca mengaku mendapat banyak manfaat. Selain mendapatkan penghasilan tambahan dan ketenaran, Sisca mengatakan ada banyak peluang baru yang terbuka karena media sosialnya.
Didukung oleh GliaStudio

Karena media sosial bisa digunakan sebagai media personal branding dan portofolio profesional. Sisca telah menerima banyak tawaran pekerjaan karena portofolio yang dia bangun. Sisca sangat bangga diundang ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, pembicara kedua Ilham Batara Simatupang membagikan ilmunya

sebagai Manajer Kategori TikTok Gaming. Ia memberikan pemahaman tentang konten eSports di TikTok sebagai platform yang digandrungi publik.

Ilham mengatakan konten esports di TikTok saat ini memiliki audiens yang besar. Buktinya, #samasamamamain, hashtag untuk konten eSports, telah mencapai 14 miliar views.

Dengan tagar ini, TikTok kini mencoba membangun citra sebagai “rumah baru untuk game dan esports”.

Menurut Ilham, siapa saja bisa mencari ketenaran saat ini. Ilham mengatakan ada beberapa konten eSports yang saat ini sedang populer di masyarakat seperti tutorial game, berita dan cuplikan dari turnamen atau game, momen epik/lucu dan juga informasi tentang game. Konten jenis ini bisa dimaksimalkan kedinamisannya untuk meningkatkan popularitas akun media sosial Anda.

Konten esports di media sosial memiliki banyak potensi untuk dieksplorasi. Ilham mengajak mahasiswa untuk berkreasi dalam membuat konten original. Dia mengingatkan pentingnya membuat konten asli. Karena konten yang ditandai sebagai plagiarisme atau pelanggaran hak cipta dapat dihapus.

Baca Juga :

https://pdamlebak.co.id