Perbedaan F-Stop dan T-Stop pada Lensa Kamera

dci-tstop-fstop

Berbicara masalah lensa, pasti tidak lepas dari F-Stop dan T-Stop. Namun pernahkah Ada bertanya perbedaan dari keduanya?

Berikut ini adalah video buatan youtuber Wolfcrow yang menjelaskan secara rinci perbedaan dari nomor F (kependekan dari focal length) dan nomor T (kependekan dari transmisi). Namun jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menontonnya sampai habis, kami beri sedikit ringkasannya:

 

F-Stop adalah sebuah nilai teoritis, sedangkan T-Stop adalah hasil uji yang sebenarnya. Dalam video tersebut, Wolfcrow menggunakan lensa Zeiss Otus 55mm f/1.4 dan 85mm f/1.4 sebagai contohnya.

Kedua lensa itu memiliki nomor F yang sama yaitu 1,4. Namun ternyata keduanya berbeda. Berdasarkan hasil tes DxOMark, lensa Otus 55mm memiliki transmisi sebesar T1.5 sedangkan Otus 85mm bertransisi T1.7.

Nomor F sama, namun nomor T berbeda

Nomor F sama, namun nomor T berbeda

 

Mungkin hasil tersebut membawa kita pada pertanyaan: kenapa kebanyakan lensa fotografi menggunakan F-Stop dan lensa sinema menggunakan T-Stop?

Dalam videonya, Wolfcrow menjelaskan beberapa poin pembeda F-Stop dan T-Stop di antaranya ada pada alat ukur cahaya kamera. Akan ada sedikit perbedaan exposure antar lensa bernomor F sama namun berbeda T-Stop. Selain itu, proses pengujian T-Stop memakan cukup banyak waktu dan biaya, sehingga produsen lensa menganggap tidaklah terlalu penting untuk menginvestasikan uangnya pada ‘fotografi.’

dci-otus-002

Wolfcrow juga memastikan kita agar tidak khawatir menggunakan lensa F-stop dalam proses pembuatan film. Teknologi kamera modern membuat F-Stop menjadi pilihan yang layak bagi para filmmaker, meskipun para pembuat produsen film ‘besar’ masih mempertimbangkan T-Stop dalam pemilihan lensa.

 

Sumber: ISO 1200 / Petapixel

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *