Lensa Palsu Banyak Beredar, Canon Beri Tips Bedakan Lensa Palsu dan Asli

canon_ef_50_mm_f_1-8_iiCanon secara resmi memperingatkan penggunanya untuk berhati-hati dalam membeli lensa, khususnya lensa EF 50mm F1.8 II. Canon mulai menyadari fenomena lensa palsu ini sejak para pelanggan membawa lensa-lensa tersebut ke service center untuk diperbaiki.

Menurut service notice yang diumumkan Canon, pengguna bisa mengidentifikasi lensa tersebut dengan melihat tulisan ‘Canon Inc’ yang ada pada mount. Pada lensa asli, ‘Canon Inc’ ditulis terpisah, sedangkan lensa palsu tidak. Lebih jelasnya, Anda bisa lihat gambar di bawah ini.

dci_canon-asli-dan-palsu

Berbicara masalah keamanan, Canon menyatakan bahwa lensa palsu tidak dapat memenuhi standar kualitas dan keamanan yang diterapkan oleh perusahaan bahkan di beberapa negara lainnya. Selain itu, rangkai bangun dan beberapa bagian yang ada di lensa palsu berbeda dengan yang digunakan pada lensa Canon yang asli. Sayangnya, Canon tidak menyebut secara rinci apa saja detail yang berbeda.

Perlu diingat, Canon tidak dapat bertanggung jawab atas segala masalah yang dihasilkan oleh lensa palsu ini. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kita lebih berhati-hati mulai saat ini.

 

Sumber: Dpreview

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *