Olympus OM-D EM

Gear apa yang tepat untuk menjadi teman pendamping saat traveling? Banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk ini. Karena, tanpa kamera yang tepat, traveling malah tidak seru. Keringkasan kamera untuk ditenteng, fitur yang mumpuni untuk mengabadikan momen-momen indah di perjalanan, hingga beragam fitur pemotretan yang memudahkan.

Salah satu pilihan kamera jempolan untuk dibawa saat traveling adalah Olympus OM-D EM10 Mark II. Kamera beresolusi 16MP ini hanya berbobot 399 gram dengan dimensi 119,5 × 83,1× 46.7mm saja. Tidak menghabiskan ruang ransel traveler.

Yang juga membuatnya pas untuk dibawa berpetualang adalah fitur-fiturnya. Dari kemudahan membuat foto bagus dari memotret aksi penari yang dinamis hingga memotret landscape memukau), hingga fitur pendukung untuk membuat video bagus tanpa goyang. Inilah beberapa fitur yang membuat Olympus OM-D EM10 Mark II nyaman dan jempolan sebagai teman jalan-jalan.

Cepat Merekam Momen

Andaikan kita pergi ke Bali dan menyaksikan serunya Tari Kecak di Pura Uluwatu. Untuk merekam cantiknya gerakan para penari sekaligus membekukannya, kita bisa melakukannya dengan mudah lewat bantuan Touch AF Shutter. Tidak perlu repot membidik dan mnekan tombol shutter. Cukup dengan menekan subyek penari yang bergerak yang tampil di layar. Tidak perlu menekan tombol shutter.

Semakin lama kita menekan subyek di layar sentuh kamera, maka mode continuous shooting akan langsung aktif mengabadikan gerakan penari secara terus-menerus. Kamera ini mampu merekam continuous dengan kecepatan 8fps untuk memastikan kamera tidak kehilangan momen menarik dari gerakan sang penari.

Fitur Anti Guncangan

Yang membuat kamera ini mumpuni adalah kemudahan mendapatkan foto tajam setiap kali memotret. Kamera ini dilengkapi dengan penstabil gambar lima poros atau 5-axis image stabilisation. Ini artinya, ketika menemukan momen seru yang seketika datang, kita dapat merekamnya dengan cepat namun tetap tajam meski kamera digenggam tangan. Guncangan dapat distabilkan dengan baik.

Kamera ini dapat mengaktifkan penstabil kamera ini untuk beragam mode pemotretan. Misalnya ketika memotret malam, penstabil kamera ini akan mengompensasi gerakan roll (berputar). Ketika memotret makro, kompensasi penstabilan bergerak secara shift empat arah. Bahkan ada kompensasi untuk posisi merekam foto dengan satu tangan.

Fitur Kreatif untuk Mengabadikan Perjalanan

Banyak fitur kreatif yang bisa kita gunakan untuk mengabadikan keseruan perjalanan. KIta bisa membuat video timelapse beresolusi 4K. Selain itu, kita bisa merekam video highspeed yang kemudian bisa diubah menjadi video slow motion. Selain beragam efek foto Art Filter dan Art Affect, kita juga bisa memanfaatkan menu Live Bulb untuk membuat lukisan cahaya (light painting), atau membuat light trail atau jejak bintang. Frames foto jejak bintang ini kemudian bisa digabungkan menggunakan Live Composite.

Art Filter – Vintage

Art Effect – Soft Focus effect

Live Bulb/Live Time

Live Composite

Jendela Bidik Tajam nan Jernih

Viewfinder atau jendela bidik kamera ini sangat tajam dan jernih, dengan resolusi 2,36 juta dots. Ruang pandangnya mencapai 100 persen sehingga terasa luas dan nyaman. Ketika memotret malam, jendela bidik ini juga bisa menampilkan pandangan yang cerah di tempat temaram.

Banyak kontrol kamera yang bisa dilihat langsung melalui viewfinder, misalnya pengaturan brightness, colour balance, dan saturasi warna. Selama kita mengontrol tombol, kita bisa melihat pengaturannya melalui jendela bidik. Termasuk ketika kita mengatur titik fokus di layar. Dengan AF Targeting Pad, kita bisa mengatur titik fokus selama mata mengintip di viewfinder.

Beragam Pilihan Lensa

Untuk melengkapi Olympus EM10 Mark II, banyak pilihan lensa untuk disandingkan. Dari tele, sudut lebar, hingga makro. Meskipun, lensa kit-nya sudah sangat mumpuni, tapi untuk keperluan tertentu, lensa tambahan dapat dipertimbangkan untuk dimiliki.

Untuk travelling, ada dua lensa yang bisa dipertimbangkan, yaitu M.Zuiko Digital 45mm F1.8 yang bisa digunakan untuk memotret wajah atau portrait. Jika saat traveling, Anda banyak merekam video, maka lensa M.Zuiko Digital 17mm F1.8 layak untuk dimiliki. Lensa ini memiliki mekanisme di ring-nya untuk mengubah fokus dari auto ke manual atau sebaliknya. Keduanya sama-sama ringkas dan tidak akan memenuhi ransel travel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *